Minggu, 25 November 2012

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Office Excell 2007

Hai Sobat semua, Kali ini saya akan membahas mengenai Cara Membuat Tabel Di Microsoft Office Excell 2007. Mungkin kalian sudah  tidak asing lagi dengan software kantoran ini karena  software ini biasanya sudah ada di setiap Komputer / Laptop kalian.
Tidak usah panjang lebar lagi dech, Langsung saja kita ke inti pembicaraan. Cara membuat Tabel di Microsoft Office 2007 bisa di bilang sangat mudah jika kalian mengetahui tahap demi tahap proses pembuatannya. Untuk itu saya akan menjelaskannya secara tahap demi tahap cara pembuatannya.

 Buka dahulu Programnya :
-Klik Start
- All Program
- Pilih Microsoft Office
- Pilih Microsoft Office Excell 2007

Tunggu sebentar sampai muncul tampilan programnya seperti di bawah ini :












Nah, langkah selanjutnya adalah membuat tabel. Ada berbagai cara dalam pembuatan tabel di excell, namun disini saya hanya akan membahas 2 cara membuat tabel saja.
CARA SATU :

1. Pilih Tab Insert, lalu pilih Table















Kemudian akan tampil kotak dialog Create Table













2. Ketikkan cell mana yang kalian ingin buat sebagai tempat tabel pada kotak isian di bawah  Where is the data for your table?. Sebelum lebih lanjut alangkah lebih baik saya kasih dulu contoh tabelnya biar kalian gak tambah bingung oke . Lihat tabel berikut .!!















Dari tabel di atas kita dapat melihat tabel tersebut dimulai dari cell A1 sampai  D11 ( A1:D11).
Nah untuk  bisa membuat tabel seperti di atas kita kembali dahulu ke poin ke-2. Pada kotak dialog Create Table ketikkan teks "=A1:D11" (tanpa tanda kutip) kemudian klik tombol F4 untuk menampilkan simbol dollar (agar perintah tersebut terbaca oleh excell). Teks akan berubah menjadi "=$A$1:$D$11" . Klik Ok jika sudah selesai.













3. Isikan data yang tadi sudah saya kasih.
4. Untuk penulisan nomer telepon biasanya angka nol di awal pengetikkan tidak tampil. Hal ini dikarenakan format cellnya masih umum. Untuk menampilkan angka nolnya kita blok dulu kolom no telepon kemudian klik kana dan pilih  format cells.














Pada tab Number,  Pilih Kategori Text. Lalu klik OK. Coba kalian ketikkan angka nol di kolom tadi maka angka nol tersebut akan tampil saat diisi kembali.


















5. Untuk mengurutkan / Sorting data agar terkesan rapi, kita bisa juga mengklik tanda panah pada deretan baris Nim, Nama, Alamat atau No Telepon. Tentukan peng-urutan-nya sesuai selera masing-masing. Sebagai contoh saya akan mengurutkan berdasarkan Nim. Caranya klik tanda panah pilih Sort smallest to Largest untuk mengurutkan dari A - Z / 1 - 9 lalu klik OK. Hasilnya akan seperti di bawah ini setelah di urutkan !!!













Gampng bukan?

Sekarang CARA KEDUA

1. Ketikkan data yang tadi saya kasih dengan menuliskan dahulu Nim, Nama, Alamat, dan No Telepon pada baris pertama.

2. Blok semua hasil yang tadi kita ketikkan.
3. Pilih Tab Menu, lalu klik tanda panah di samping ikon Bottom Borders, pilih All Borders














tabel pun sudah jadi.. Untuk design latar belakang tabel seperti model tabel pada cara pertama. Kita hanay pilih Tab Home - Format As Table dan pilih model yang kalian suka...



Semoga artikel ini bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar